Tahun 2019, Dana Desa di Kabupaten Blitar Capai Rp 75 Miliar

Ilustrasi.(Foto : Radar Lombok)
Ilustrasi.(Foto : Radar Lombok)

PROBOLINGGOTIMES, BLITAR – Pemerintah pastikan alokasi Dana Desa (DD) pada tahun anggaran 2019 akan bertambah di masing-masing desa. Tahun ini alokasi DD untuk Kabupaten Blitar jumlahnya meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini alokasi DD untuk Kabupaten Blitar yakni Rp 75 milliar. Jumlah tersebut naik Rp 12 milliar jika dibandingkan dengan alokasi DD tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 163 milliar.

"Besarnya DD untuk masing-masing daerah atau kabupaten/kota di Indonesia setiap tahunnya memang bertambah," ungkap Kepala Seksi Bantuan Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Muhammad Taufik.

Menurut Taufik bertambahnya alokasi DD kali ini praktis akan berdampak pada bertambahnya DD yang diterima masing-masing desa. Dengan adanya kenaikan Rp 12 milliar pada DD tahun ini maka anggaran DD yang akan diterima setiap desa di Kabupaten Blitar naik sekitar Rp 60 juta hingga 80 juta. “Naiknya alokasi DD pastinya berdampak pada dana yang akan diterima desa,” jelasnya.

Meskipun ada kenaikan alokasi DD, namun sampai sekarang pencairan tahap pertama masih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya sampai sekarang masih menunggu kebijakan atau instruksi dari pemerintah pusat. “Masih belum ada informasi lebih lanjut dari pusat terkait pencairan DD tahap pertama,” ujarnya.

Bagaimanapun DD merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan pemerataan ekonomi di pedesaan. Oleh karenanya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar berharap pencairan DD bisa cepat realisasi

Jika sudah ada instruksi terkait pencairan DD, maka pihaknya akan segera menginformasikan jadwal pencairan tahap pertama berikut persyaratannya ke masing-masing desa. Kemungkinan besar teknis pencairan DD diperkirakan masih sama dengan tahun lalu. Yakni dalam setahun DD dicairkan sebanyak tiga tahap, dengan mekanisme tahap pertama dicairkan sebesar 20% tahap kedua dan ketiga sebesar 40%. “Tahun ini tetap dicairkan sebanyak tiga tahap,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top