Dikejar Warga, Sapi Curian Ditinggal Dekat Kantor Polisi, Mobil Digulingkan

Kendaraan pelaku yang remuk dan tergulung menjadi tontonan pengendara dan warga (Agus Salam/Jatim TIMES)
Kendaraan pelaku yang remuk dan tergulung menjadi tontonan pengendara dan warga (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Satu unit kendaraan MPV remuk dihajar massa, di Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Mobil minibus bernopol N 1253 NN dimassa karena ketahuan mengangkut sapi curian. Kendaraan station Isuzu Panther tersebut, kini diamankan di Mapolsek Wonomerto.

Dalam kejadian Kamis (10/1) dini hari tidak ada satupun pelaku yang dihajar massa. Saat ditemukan, kendaraan yang terparkir di utara Mapolsek Wonomerto, sudah tidak ada orangnya. Pelaku yang diperkirakan lebih dari 2 orang itu, kabur sebelum warga datang. Sedang 2 ekor sapi yang dicurinya, tinggal satu ekor. Yang satu ekor dibawa lari sang pencuri.

Namun beberapa jam kemudian, sapi milik Nawawi (55) ditemukan di areal pesawahan di Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto. Informasi yang berhasil dihimpun, sepasang sapi tersebut dicuri dari kandang milik Nawawi (55),warga Dusun di Dusun Wangkal, Desa Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto. Kendati sempat dibawa kabur, namun sapi tersebut ditemukan lagi oleh pemiliknya, karena ditinggal oleh pelaku.

Pelaku kabur, lantaran merasa aksinya diketahui dan dikejar warga. Kendaraan yang belum diketahui pemiliknya, ditinggal sekitar 30 meter,  utara mapolsek Wonomerto. Nawami mengatakan, sapinya dicuri dari kandangnya, sekitar pukul 02.30. Mengetahui sapinya tidak ada di kandangnya, ia bersama warga yang lain langsung mengejar pencuri yang naik kendaraan mini bus.

Nawawi menyebut, malam itu sekitar pukul 01.00 ia pulang dari masjid setelah menunaikan alat tahajjud. Sebelum tidur, ia menyempatkan diri melihat kandangnya dan sapinya masih ada. Nawai kemudian istirahat dan tidur di rumahnya. Sekitar pukul 02.30 Nawawi terbangun dan melihat sapinya sudah tidak ada di kandang. “Saya langsung ke masjid. Siaran kalau sapi saya hilang. Melalui pengeras suara masjid,” tandasnya.

Warga yang mendengar langsung bangun menuju rumah korban. Belasan warga mencari jejak sapi tersebut. Karena jejak kaki hilang, warga menduga kalau sapi milik Nawawi diangkut kendaraan. Warga menyebar naik kendaraan roda dua mencari mobil yang mengangkut sapi. Alhasil, warga mendapati mobil Isuzu Panther bernopol N 1253 NN warna hijau metalik, berhenti di pinggir jalan.

Karena curiga, wargapun mengecek mobil yang ada di pinggir jalan tersebut. Ternyata kecurigaannya benar, setelah dibuka kendaraan tersebut berisi 1 ekor sapi milik Nawawi. Sedang yang satu ekor sudah tidak ada warga memperkirakan dibawa kawanan pencuri yang jumlahnya diperkirakan 5 orang. Massa kemudian melampiaskan kekesalannya ke mobil Panther. Mobil dirusak dan digulingkan di pinggir jalan. Sementara satu sapi yan ditemukan dibawa pulang oleh pemiliknya.

Sekitar pukul 06.30, warga menemukan seekor sapi lagi di area pesawahan dekat jurang. Kapolsek Wonomerto AKP Sugianto mengatakan, pihaknya tengah memburu para pencuri sapi yang kabur. "Mendengar kabar ada pencurian  sapi, anggota  yang patroli langsung  mendatangi lokasi ditemukan mobil.  Anggota sempat menahan amukan massa agar tidak sampai membakar  mobil. Pelaku berhasil kabur," ujarnya singkat.

Pewarta : Agus Salam
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top