Berbahaya, Stop Campur-Campur 10 Makanan Ini!

Ilustrasi (youtube)
Ilustrasi (youtube)

PROBOLINGGOTIMES, MALANG – Nafsu makan memang selalu ditentukan oleh jenis olahan yang akan kita konsumsi. Sehingga tak heran, saat akan menyantap sajian, kita cenderung melakukan kombinasi terhadap apa saja yang akan kita makan dan sajikan.

Selain dapat menambah selera, kombinasi makanan tak jarang memang disarankan untuk kebutuhan tubuh. Tapi, ternyata ada banyak jenis olahan yang ternyata tidak baik dicampur karena memang sangat berbahaya dan tak berfaedah untuk tubuh.

Penasaran apa saja olahan yang tak bisa dan tak disarankan untuk dicampur? Berikut 10 olahan yang berbahaya untuk dicampur berdasarkan channel youtube Daftar Populer.

1. Tomat dan Mentimun
 


Sebagian dari kita yang ingin hidup sehat pasti tak jarang memilih kombinasi tomat dan mentimun untuk dijadikan jus. Tapi tahu nggak, mencampur tomat dan mentimun sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, kombinasi vitamin dari dua buah ini tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Bahkan bisa mengganggu jalur biokimia dalam tubuh kita. Selain itu, bisa mengakibatkan pembengkakan dan halusinasi.

2. Daging dan Kentang
 


Perpaduan karbohidrat dan protein hewani sebenarnya memang tidak terlalu sehat. Misalnya memakan pasta dengan daging atau kentang dengan daging. Pasalnya, enzim pencernaan kedua zat karbohidrat dan protein hewani tidak gampang dicerna dengan baik oleh tubuh. Disarankan, lebih baik mencampurnya dengan aneka sayur hijau saja.

3. Teh dan Susu
 


Wah, teh dan susu tentu kolaborasi yang sangat enak dan banyak digemari. Buat Anda yang suka mencampurkan susu dan teh, sebaiknya mulai sekarang berhenti dengan kebiasaan itu. Soalnya, ternyata, kandungan yang ada di dalam teh dan susu sama sekali tidak cocok.

Protein dalam susu akan mengikat antioksidan yang ada di teh. Jadi, kombinasi keduanya tidak ada manfaatnya pada tubuh karena kandungan susu atu teh tak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Lebih bagus dan disarankan agar teh dicampur dengan jeruk.

4. Tomat dan Pasta Keju

Padanan keduanya memang selalu membuat pecinta pasta ngiler. Tapi ternyata, kombinasi antara tomat dan pasta keju sangat tidak disarankan. Sebab, ketika dicampurkan, maka akan membuat pencernaan terganggu dan tubuh mudah lelah.

5. Susu dan Jeruk
 


Keduanya merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Tapi saat dicampurkan, ternyata hasilnya sangat tidak bagus loh. Itu karena kandungan protein yang tinggi pada susu dan kandungan asam pada jeruk dapat merusak enzim baik dan berakibat pada pencernaan yang buruk.

6. Daging dan Telur

Kedunya merupakan sumber protein yang tinggi. Artinya, sangat tidak baik jika dicampurkan antara yang satu dengan yang lainnya. Jika keduanya dicampur, maka akan membuat proses pencernaan semakin sulit dan lama.

7. Makan sambil Minum Air
 


Nah loh, siapa yang suka makan sambil minum air atau minum jus? Sepertinya mulai sekarang kebiasaan itu harus kalian hentikan. Pasalnya, makan sambil minum dapat memengaruhi PH keasaman dalam tubuh.

 Jika terjadi, maka tingkat penyerapan vitamin tak terlalu bagus dan proses pemecahan protein terganggu. Jadi, disarankan saat makan, jangan diselingi meminum air. Lebih baik minum saat selesai makan. Disarankan minum 15 menit setelah makan.

8. Nasi dan Mangga
 


Kombinasi keduanya memang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi sebagian dari kita tentu ada yang sangat suka dengan campuran nasi dan mangga. Tapi sekali lagi, kombinasi ini sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu pencernaan. Kandungan karbohidrat  nasi dan asam yang tinggi pada mangga tentu akan membuat  pencernaan susah bekerja maksimal.

9. Durian dan Minuman Bersoda

Saat selesai mengonsumsi durian, disarankan unuk tidak meminum olahan bersoda. Bahkan delapan jam atau lebih usai menyantap durian, jangan minum minuman bersoda. Sebab, itu sama saja dengan bunuh diri. 

Kalori yang tinggi pada durian dapat membantu pembakaran dalam tubuh. Jika dicampur dengan air soda atau alkohol, akan membuat proses pembakaran dalam tubuh berlaku dua kali dan membuat pembuluh darah menyempit. Akibatnya, tekanan darah akan naik dan bisa membuat seseorang terkena stroke.

10. Kopi dan Susu Krimer
 

Sama halnya dengan susu dan teh, paduan kopi dan susu krimer tentu hampir menjadi favorit banyak orang. Tapi ternyata, paduan keduanya sangat tidak disarankan. Kandungan gula dan lemak yang tinggi pada krimer dan saat dicampur dengan kopi hanya akan memacu obesitas dan mengakibatkan obesitas. Jadi, disarankan meminum kopi dengan sedikit gula saja.

Nah, itu dia 10 olahan yang lumayan populer sering kita padu padankan. Mulai sekarang, lebih baik hindari kebiasaan itu. Semoga bermanfaat. 

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top