PDIP dan PKB Berpotensi Pimpin DPRD Kota Probolinggo

Suasana penghitungan hasil pemilu di Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. (Agus Salam/Jatim TIMES)
Suasana penghitungan hasil pemilu di Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – PKB Kota Probolinggo memprediksi perolehan kursi di dewan sebanyak delapan. Angka tersebut naik 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan perolehan kursi lima tahun sebelumnya yang hanya 4 kursi. 

Sementara. PDIP juga memperkirakan meraih 7 kursi. Jumlah itu turun 1 kursi dibanding pileg lima tahun sebelumnya yang meraup 8 kursi.

Prediksi tersebut diungkap Abdul Mujib, sekretaris DPC PKB setempat, Minggu (21/4) siang di kantor PKB Jalan Mastrip. Disebutkan, untuk dapil 1 Kecamatan Kanigaran-Winoasih, caleg yang akan menuju gedung dewan sebanyak tiga orang. Sedangkan di dapil II Kecamatan Kedopok-Kademangan, juga tiga caleg. Sementara untuk dapil III Kecamatan Mayangan, yang akan berangkat ke gedung DPRD sebanyak dua caleg.

Hanya, Mujib  tidak menjelaskan nama caleg yang akan melenggang ke gedung dewan di Jalan Suroyo. Ia hanya menyebut, caleg yang dipastikan menjadi anggota DPRD  yakni caleg yang perolehan suaranya terbanyak di tiga dapil tersebut. Masing-masing H Syaffudin di dapil III, Mahrus Ali di dapil II dan  Abdul Mujib sendiri di dapil I. “Kira-kira seperti itu.,” tandasnya kepada sejumlah wartawan.

“Ini hasil penghitungan berdasarkan form C1 dari saksi. Kepastiannya menunggu KPU. Tapi nanti malam sudah ketahuan, kami dapat berapa kursi. Soalnya penghitungan di kecamatan nanti malam terakhir atau selesai,” sambungnya.

Sementara itu, saat sejumlah wartawan ke kantor DPC PDIP di Jalan Brantas Kelurahan Pilang, Kecamatam Kademangan, kantor dalam keadaan tertutup.  Di sana, wartawan ditemui Syafiudin, yang mengaku relawan partai PDIP. 

Ia menyebut, partai berlambang kepala banteng ini diprediksi memperoleh 7 kursi. Turun satu kursi dibandingkan pileg lima tahun sebelumnya yang 8 kursi.

Mantan anggota dewan periode 1999 hingga 2001 tersebut merinci, partai pimpinan Haris Nasution ini memperoleh 2 kursi di dapil III Mayangan. Sedang di dapil II Kedopok-Kademangan, PDIP dapat 3 kursi. Dan di dapil 1 Kanigaran-Wonoasih memperoleh 2 kursi. “Pak Nasution dan Imam Hanapi di dapil 1. Pak Andre, Muzayyin dan Mohammad Bebun di dapil II. Kalau dapil II Mayangan, Supriyanto dan Agus Riyanto,” ungkapnya.

Lain lagi dengan PKS. Partai yang diketuai Syaiful Rahman ini mengejutkan rupanya. Jika pada pileg lima tahun sebelumnya hanya mendapat 1 kursi, pada pileg tahun ini dimungkinkan bertambah dua menjadi tiga kursi. Masing-masing daerah pemilihan (dapil) mendapat 1 kursi. 

Perolehan tersebut diungka  Indra Firmansyah, joordinator saksi di kantor PKS di Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok.

Hanya saja, Indra tidak menjelaskan nama caleg yang akan melenggang ke gedung dewan. Saat disodorkan nama Syaiful Rohman (ketua PKS) dan Dasno yang nyaleg di dapil II Kademangan-Kedopok, ia menganggukkan kepala. “Sepertinya itu. Kalau dapil II Mayangan, belum diketahui siapa yang akan duduk di kursi dewan. Target kami 1 fraksi. Tapi ini hasil penghitungan C 1 loh. Kepastiannya kita menunggu hasil penghitungan KPU,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Agus Salam
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top