Diparkir di depan Toko, Motor hilang

Rafi, rekan kerja korban menunjukkan tempat parkir sepeda motor yang dicuri  (Agus Salam/Jatim TIMES)
Rafi, rekan kerja korban menunjukkan tempat parkir sepeda motor yang dicuri (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Minimarket Indomart Sumbertaman, Kota Probolinggo, kebobolan. Hanya saja bukan barang yang dijual yang dicuri, tetapi sepeda motor milik salah satu karyawannya. Aksi pencurian, Sabtu (11/5) di siang bolong tersebut, terekam kamera pengintai (CCTV).

Korbannya adalah Nur Ahmad (22) karyawan yang tinggal di Sunan Kalijaga, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Sepeda motor jenis matik yang diparkir di depan Indomart tersebut dimaling. Berdasarkan rekaman CCTV, pelakunya terdiri dari dua orang. Usai mencuri, dua pelaku kabur ke arah selatan, lewat jalan KH Hasan Genggong atau jalan Jurusan Probolinggo-Lumajang.

Hasil rekaman CCTV memperlihatkan, 2 pelaku tak berhelm mencuri sepeda motor bernopol N 3024 SK itu, hanya berlangsung 47 detik. Seorang pelaku merusak kontak dan membawa kabur curiannya, kurang dari 10 detik. Eksekutornya, mengenakan jaket jemper (bertopi) biru, sedang rekannya yang memakai kaos oblong lengan panjang merah, standby di atas sepeda motornya.

Sebelum melancarkan aksinya, pelaku memarkir kendaraannya membelakangi sepeda motor korban. Sepeda motor yang akan dicuri menghadap ke barat, sedang sepeda motor pelaku menghadap ke timur. "Memang dipersiapkan. Jadi enak langsung kabur. Pelaku mengendarai matik beat lari ke selatan," ujar Muhammad Rafi Herdiyanto (18) rekan kerja korban kepada probolinggotimes.com.

Menurutnya, satu pelaku masuk ke Indomart, sedang rekannya duduk di kursi menunggu di luar. Pelaku dari arah utara dan memarkir kendaraannya di selatan sepeda yang akan dicuri menghadap ke barat. “Pelaku yang masuk toko membeli minuman kemasan botol. Habis bayar, keluar. Tahunya, setelah Nur Akhmad datang,” tambahnya.

Rafi mengatakan, siang itu pemilik sepeda motor keluar dan pergi ke warung, sementara tiga rekannya berada di dalam indomart melayani pembeli. Rafi mengaku, tidak tahu kejadian karena masuk sore, mengganti shift korban. “Sekarang yang punya motor enggak ada. Ia masuk shift malam. Sudah laporan ke Mapolresta,” ujar Rafi.

Menyikpai hal itu Kasat Reskrim Polresta AKP Nanang Fendy Dwi Susanto mengaku sudah menerima laporan aksi pencurian tersebut. Bahkan pihaknya sudah memiliki copi vidio CCTV, untuk dipelajari dan dilanjutkan ke penyelidikan. “Ya, sudah laporan. Kami sudah punya Copy videonya. Kami belum tahu identitas pelakunya,” tandasnya.

Hasil pengamatan sementara, kedua pelaku diperkirakan tinggal di wilayah Probolinggo dan tidak terlalu jauh tempat tinggalnya dengan lokasi kejadian. Mengingat, saat melancarkan aksinya keduanya tidak memakai helm. Hanya saja belum terdeteksi, apakah pelaku spesialis pencuri sepeda motor. “Belum. Kami belum mendeteksi. Apakah mereka pernah mencuri di tempat lain. Sepertinya pelaku berdomisili di Probolinggo. Bisa Kota, bisa Kabupaten,” pungkasnya.

Pewarta : Agus Salam
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top