Harga Kebutuhan Pokok di Probolinggo Relatif Stabil

Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Kapolresta AKBP Alfian Nur Rizal, saat sidak di Pasar Baru Kota Probolinggo (Agus Salam/Jatim TIMES)
Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Kapolresta AKBP Alfian Nur Rizal, saat sidak di Pasar Baru Kota Probolinggo (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Untuk mengetahui harga pangan di pasar, tim Satgas Pangan Kota Probolinggo, Senin (13/5) siang inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Baru. Hasilnya, tidak ditemukan lonjakan harga seperti beberapa minggu lalu. Harga kebutuhan pokok, masih harga normal alias standart.

Harga bawang putih yang awalnya Rp 25 ribu saat menjelang Ramadan, melambung naik menjadi Rp 80 ribu per kilogramnya. Pada minggu pertama bulan puasa, turun drastis mendekati harga sebelumnya yakni Rp 35 ribu per kilonya. Begitu juga dengan harga daging ayam dan sapi, terpantau relative stabil.

Daging ayam yang biasanya Rp 29 ribu hingga Rp 30 ribu per kilonya, naik menjadi Rp 33 ribu. Sementara, daging ayam kampung yang awalnya Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 60 ribu. Sedang daging sapi super yang per kilonya Rp 100 ribu-Rp 105 ribu per kilogram, naik Rp 5 ribu menjadi Rp 110 ribu.

Pantauan harga bahan kebutuhan sehari-hari tersebut dilakukan Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Kapolresta AKBP Alfian Nurizal dan Wawali Mochammad Soufis Subri bersama Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nur Rizal. 

“Kami sidak untuk memantau harga. Relatif stabil. Kami berharap menjelang Hari Raya Idul Fitri tidak ada lonjakan harga,” harap Habib Hadi –sapaan akrab wali kota.

Ditegaskan, distributor atau pedagang besar kebutuhan pokok diminta tidak mempermainkan harga dengan memanfaatkan momen seperti lebaran dengan cara menimbun. Pemkot, menurut wali kota,bersama satgas pangan akan mengantisipasi dengan cara sidak ke tempat pedagang besar atau distributor. 

“Kami akan pantau terus memantau. Jangan sampai barang ditumpuk dui gudang,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan AKBP Alfian Nur Rizal. Ia membenarkan harga di pasar saat ini cenderung stabil. Meski ada kenaikan, masih belum memberatkan pembeli atau warga. Disebutkan, harga bawang putih justru turun, harga daging ayam ras dan daging sapi, sedikit ada kenaikan. 

“Kami berharap tidak ada penimbunan di wilayah Kami, sehingga mempengaruhi harga,” harap perwira menengah ini.

AKBP Alfian mengimbau seluruh distributor dan pedagang besar untuk tidak menimbun barangnya yang berakibat persediaan pasar berkurang. Sehingga harga menjadi naik alias lebih mahal. 

“Memang harga bisa dipermainkan dengan menimbun barang. Jangan sampai ada yang menimbun barang. Kalau ketahuan, kami tindak dengan sangsi seberat mungkin,” tegas kapolresta sesaat sebelum meninggalkan Pasar Baru.

Pewarta : Agus Salam
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top