Ditinggal ke Pasar, Rumah Seniman Ludes Terbakar

Ruma Seniman yang dilalap si jago merah semalaman (Agus Salam.Jatim TIMES)
Ruma Seniman yang dilalap si jago merah semalaman (Agus Salam.Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Kebakaran hebat terjadi di Dusun Kalisat, RT 7 RW 3, Desa Lemahkembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Dalam peristiwa Rabu (12/6) dini hari sekitar pukul 03.00 itu, dua rumah dinyatakan dilalap sijago merah. 

Rumah milik Seniman (52) rata dengan tanah. Sedangkam rumah milik Imam Sudarmaji (57) hanya ruang tamunya yang terbakar.

Belum diketahui penyebab kebakaran. Namun dugaan sementara akibat korsleting atau arus pendek listrik. Pemilik rumah juga belum tahu kerugiannya meski seluruh isi rumah hangus terbakar. 

Rumah yang beralamatkan di jalan menuju Pondok Pesantren Bani Rancang tersebut tinggal dindingnya yang masih tegak berdiri. Seluruh atapnya ambrol akibat kayu penyangganya gosong dilalap api.

Yang tersisa hanya bangunan di sisi belakang yang ditempati tidur Seniman. Bangunan yang lebih tinggi atapnya tersebut lolos dari api setelah warga setempat bergotong royong memadamkan api.

 Si jago merah benar-benar padam setelah 3 unit mobil pemadam kebakaran (samkar) milik Pemkot dan Pemkab Probolinggo tiba di lokasi kejadian, meski menurut warga terlambat.

Dalam kebakaran pagi buta itu, tak satu pun barang yang ada di dalam rumah bisa diselamatkan. Seluruh perabotan seperti kursi, almari, buffet dan barang elektronik seperti kulkas televisi dan kipas angin, hangus terbakar. Bahkan dua sepeda motor matik dan jenis bebek bernasib sama. Begitu juga dengan tempat tidur plus barang berupa kain, seperti selimut, sarung dan pakaian, hangus tanpa sisa alias tak berbekas.

Pakaian yang tersisa hanya yang melekat di tubuh pasutri tersebut beserta dua anaknyat yakni, anak pertama Zainal dan anak kedua Misbakhul Munir. Zainul, tetangga sekaligus keluarga korban. mengaku tidak tahu pasti penyebab rumah di depan tempat tinggalnya terbakar. Ia yang tidur sekitar pukul 01.00 tiba-tiba bangun saat rumahnya padam. Zainul pun keluar dan melihat api di rumah Seniman. Ia pun bergegas mencoba membangunkan pemilik rumah.

Lantaran tak ada tanda-tanda yang di dalam rumah bangun, Zainul tanpa dikomando memecah kaca jendela hingga mengenai pelipis mata kirinya. Namun, sebelum sempat masuk, dua penghuni rumah keluar menerobos jendela yang kacanya sudah dipecah. "Anak dan bapaknya yang tidur di dalam. Ibu dan anak yang pertama ke Pasar Nguling, jualan sayur. Kduanya tidak tahu kalau rumahnya terbakar," ujar pria yang masih sepupu korban tersebut. 

Dijelaskan, saat terjadi kebekaran, Misbakhul Munir yang masih SMP bangun dari tidurnya setelah tubuhnya merasakan panas. Begitu bangun, ia menuju ruang belakang membangunkan bapaknya. 

Misbakhiul hingga Rabu siang, enggan diwawancarai, mengingat masih shock dengan kejadian yang dialami semalam. "Seperti itu cerita Misbakhul ke saya. Semuanya selamat. Mereka masih shock dengan kejadian semalam," ucapnya.

Sementara itu di tempat sama, Syahro (49), kakak dari istri Seniman, tidak menyangka kalau rumah adiknya terbakar. Padahal, saat itu ia tengah menunaikan salat tahajud seperti biasanya setiap malam. Kala itu, sekitar pukul 02.30, istri Imam Sudarmaji ini mendengar bunyi dus dan kretek-kretek. 

 “Saya cari suara itu di dalam rumah. Ternyata tidak ada apa-apa. Lha kok beberapa saat kemudian, tetangga berteriak keras kalau rumah adik terbakar,” ungkapnya.

Syahro malam itu tidak kepikiran keluar rumah melihat rumah adiknya yang berlokasi di sisi timur rumahnya. Padahal, bau kabel dan sesuatu yang terbakar semakin jelas. Karenanya, ia tetap melanjutkan salat tahajudnya. “Nggak kepikiran ngeliat rumah adik. Rumah saya juga sebagian terbakar. Nih langit-langitnya banyak yang jebol,” pungkasnya seraya menunjuk ke atas.

Sementara itu, hingga sore, belum diketahui penyebab pastinya kebakaran berikut kerugiannya. Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan.

Pewarta : Agus Salam
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top