Wali Kota Probolinggo Kunnjungi Titik Adipura

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat meninjau Pasar Ketapang  (Agus Salam/Jatim TIMES)
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat meninjau Pasar Ketapang (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Selain bau pesing, sarana dan prasarana pendukung keberadaan Terminal Bayuangga Kota Probolinggo perlu dibenahi.

Saluran air dan pembuangan sampah di Pasar Ketapang, kecamatan Kademangan, perlu diperbaiki. 

Tanaman dan pot di Puskesmas Ketapang, juga patut diremajakan.

Kondisi tak mengenakkan tersebut diketahui, saat wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, meninjau titik pantau penilaian Adipura, Senin (17/6) pagi. 

Hadi meninjau di tiga tempat tersebut tidak sendirian, tetapi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Sudiyanto; Kepala DLH Budi Krisyanto. 

Ikut pula Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Gatot Wahyudi dan kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumadi serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Amin Fredy. Turut pula dilokasi pemantauan, kepala Terminal Bayuangga, kepala Puskesmas dan kepala pasar. 

Usai peninjauan, Wali Kota Hadi mengatakan, tujuan kunjungan ke tiga titik lokasi, selain persiapan penilaian adipura, juga untuk mengetahui kondisi sebenarnya di lapangan.

Sehingga, dalam menyusun program pembangunan di 2010, tepat sasaran. 

“Kunjungan kami dalam rangka persiapan penilaian adipura. Dan pengambilan kebijakan pembangunan untuk tahun depan,” tandasnya.

Hadi tidak ingin dalam menyusun program pembangunan asal-asalan, sehingga program yang telah disusunnya tidak tepat sasaran dan tidak pro rakyat. 

Dari hasil kunjungannya Wali Kota menjumpai saluran air yang tidak berfungsi maksimal dan ada tanaman serta pot yang perlu diremajakan. 

“Saluran air perlu diperhatikan. Kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan harus ditingkatkan menjadi prilaku dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Di Puskesmas Ketapang, orang nomor satu di Kota Probolinggo inu melihat kebersihan puskesmas, Pengelolaan limbah medis, UGD, pelayanan poli dan kamar obat. 

Sedang kahadiran di Pasar Ketapang, kepada para pedagang Habib Hadi meminta untuk selalu menjaga kebersihan demi kenyamanan. 

“Kami realisasikan usulan revitalisasi pasar tahun 2020. Pasar tradisional jangan kalau dengan pasar modern soal kebersihannya. Pintanya.

Sementara itu,  di hadapan Wakil Koordinator Terminal Bayuangga Akhmad Sujono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat Budi Krisyanto menyebut, kalau terminal kurang perhatian. 

Menurutnya, terminal yang dikelola Kementerian Perhubungan tersebut kurang diperhatikan. 

“Terminal tampak gersang. Pepohonan kurang terawat. Rambuh peringatan dan himbauan, perlu diremajakan,” tandasnya.

Selain itu, Monitor besar yang memuat informasi angkutan bus, tak berfungsi. 

Banyak pot tanaman catnya usang dan dipenuhi putung rokok.

Tanaman atau pepohonan terlihat tidak segar lagi. 

“Bunganya tak terawat. Saluran air mampet karena banyak sampah. Ini perlu pembenahan dan peremajaan. Secepatnya, karena penilaian adipura, tidak lama lagi. Papan himbauan dan papan visi-misi Kota Probolinggo, sudah kedaluwarsa. Perlu pembenahan,” sambung Budikris-sapaan akrabnya.

Budikris berterus terang, Kota Probolinggo belum maksimal mempersiapkan penilaian Adipura.

Terkait jadwal penilaian (P1) ia mengaku belum ada informasi dari tim pusat. 

Meski belum diketahui jadwal pemilaiannya, kesiapan lokasi yangt menjadi titik penilaian adipura, harus dipersiapkan jauh-jauh hari. 

”Perlu pembenahan dari OPD penanggung jawab titik pantau. Peran serta masyarakat, harus ditingkatkan,” jelasnya.

Khusus Terminal Bayuangga, tambah Budi Kris harus ada perhatian dari penanggung jawab terminal yakni, Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Agar penghargaan Adipura diperoleh lagi, dibutuhkan kerja keras seluruh lurah, ketua RT dan RW. 

“Kondisi perkantoran memerlukan perhatian serius. Seperti kantor wali kota, Bappeda Litbang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan kantor DPRD,” pungkasnya.

Pewarta : Agus Salam
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top