Ingin Bertemu Jokowi dan Raih Uang Miliaran Rupiah, Ikuti Festival Gapura Cinta Negeri

Contoh gapura HUT Kemerdekaan RI di Desa Ngadirejo, Kromengan. (Ist)
Contoh gapura HUT Kemerdekaan RI di Desa Ngadirejo, Kromengan. (Ist)

PROBOLINGGOTIMES, MALANG – Bagi masyarakat Indonesia yang ingin bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta mendapatkan uang total miliaran rupiah, ternyata caranya gampang. Tidak perlu berbagai syarat dan proses rumit untuk mewujudkan mimpi tersebut. Cukup bangunlah gapura di wilayah masing-masing dengan tema cinta negeri.

Informasi itu pun direspons positif oleh Jokowi. Melalui akun pribadinya, @jokowi, presiden menuliskan bahwa dirinya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membangun gapura kemerdekaan di wilayahnya masing-masing.

"Mari memeriahkan HUT RI dengan Festival Gapura Cinta Negeri. Bangun gapura kemerdekaan di masing-masing lingkungan sekreatif dan seunik mungkin. Temanya cinta negeri..." tulis Jokowi.

Ajakan orang nomor satu di Indonesia ini pun tentunya disertai dengan berbagai apresiasi bagi masyarakat yang nantinya berhasil lolos dari lubang jarum juri Festival Gapura Cinta Negeri ini. Selain bisa bertemu langsung dengan Jokowi, pemenang mendapatkan piala bergilir presiden dan tentunya hadiah uang dengan total Rp 1 miliar.

Melalui laman resmi www.gapuracintanegeri.com dan media sosial resmi panitia yang didukung oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), Festival Gapura Cinta Negeri merupakan kegiatan untuk merayakan hari kemerdekaan RI. 

"Setelah perhelatan pemilu yang panjang, kini saatnya kita menyatukan semangat persatuan, persaudaraan dan gotong-royong sekaligus melestarikan tradisi perayaan 17 Agustus atau hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ikuti Festival Gapura Cinta Negeri dengan cara menghias gapura yang ada di lingkungan kamu dengan tema CINTA NEGERI. Hal ini bisa menjadi momentum baik untuk memupuk rasa cinta pada Indonesia dengan semangat menciptakan kebanggan terhadap budaya Indonesia, memperat persaudaraan, menjaga nilai gotong-royong antar warga dan menjaga persatuan Indonesia melalui karya seni," tulis panitia.

Lantas. bagaimana cara mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri itu? Dari laman resmi panitia, dituliskan juga cara mudah untuk mengikuti acara tersebut. Pertama, upload 10 foto ke gapuracintanegeri.com (4 foto kemeriahan proses pembangunan gapura dan 6 foto gapura) maksimal 1MB/foto, beserta identitas perwakilan peserta, dan bukti kepegawaian/karyawan/keanggotaan khusus untuk kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

Seperti diketahui, festival tersebut terbagi dalam kategori umum dan antinya akan keluar 10 pemenang serta kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi dengan 3 pemenang. Juga ada satu pemenang favorit yang nantinya dipilih oleh warganet.

Kedua, post foto dan video kemeriahan pembangunan gapura di media sosial menggunakan hashtag #GapuraCintaNegeri dan mention ke @festivalgapura.

Pengiriman foto gapura dimulai dari tanggal 17 Juli sampai dengan 17 Agustus 2019. Sedangkan untuk penilaian mencakup ide kreatif, orisinalitas, semangat gotong-royong dan kebersamaan serta tentunya relevan dengan tema yang diusung.

Beberapa syarat teknis lainnya pun disampaikan oleh panitia. Misalnya lokasi penilaian gapura Indonesia berada di wilayah Republik Indonesia, peserta merupakan perwakilan kelompok masyarakat setingkat RT atau RW untuk kategori umum dan perwakilan karyawan/pegawai untuk kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi.

Selain hal itu, karya harus menyertakan logo HUT RI ke-74 yang dapat diunduh di website www.gapuracintanegeri.com serta unsur “keindonesiaan” terdiri atas bendera Merah Putih, lambang negara Garuda Pancasila, dan motif kedaerahan Indonesia. Khusus untuk gapura yang bersifat nonpermanen, gapura berdiri tegak sekurang-kurangnya sampai dengan 17 September 2019.

 

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top