Keren, Lensa Kontak Ini Bisa Bikin Pandanganmu Lebih Jauh Terlihat Hanya dengan Berkedip

Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

PROBOLINGGOTIMES, MALANG – Seiring perkembangan zaman, sains dan teknologi juga ikut berkembang cepat. Banyak ilmuan yang menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempermudah seseorang melakukan sesuatu dengan teknologi di masa depan.

Umumnya adalah robot, yang semakin canggih. Bahkan ada robot yang perilakunya sangat mirip dengan manusia. Hal tersebut begitu menakjubkan dan membuat masa depan menjadi semakin menarik bukan?

Baru-baru ini, juga dibuat lensa kontak (softlens) masa depan yang bisa mempermudah cara pandangmu. Bahkan, teknologi ini sering kita saksikan di film-film fiksi ilmiah. Lensa kontak itu diciptakan peneliti di University of California, San Diego, Amerika Serikat. 

Para peneliti ini mengembangkan lensa kontak yang bisa mengubah pandangan mata hanya dengan kedipan lho. Dengan memakai lensa kontak ini, pengguna dapat memperbesar pandangannya layaknya ketika zoom gambar melalui smartphone.

Pembuatan lensa kontak canggih yang dipimpin oleh Shengqiang Cai ini terinspirasi sinyal elektro-okilografi yang dikirim oleh mata ketika mereka bergerak ke atas, ke bawah, ke samping, serta ketika berkedip dan berkedip dua kali. Merespons itu, peneliti mengambangkan lensa biomimetik lembut untuk memicu gerakan sesuai dengan impuls.

Lensa kontak ini bahkan dapat menyesuaikan panjang fokusnya sebagai respons terhadap gerakan mata. Dan itu tidak cuma bisa digunakan oleh orang-orang yang bisa melihat.

Cara kerja lensa kontak tersebut diaktifkan oleh listrik yang dihasilkan dari gerakan mata, bukan penglihatan. Peneliti ini berharap dapat memasukkan teknologi ini dalam protesa visual kacamata yang dapat disesuaikan dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan. Sehingga bukan hanya inovasi yang keren. tetapi juga untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top