Wali Kota Probolinggo Imbau Hindari Bungkus Plastik Daging Kurban

Wali Kota  Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat menyerahkan bantuan hewan korban di rumah dinas  (Agus Salam/Jatim TIMES)
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat menyerahkan bantuan hewan korban di rumah dinas (Agus Salam/Jatim TIMES)

PROBOLINGGOTIMES – Seperti biasanya, Stadion Bayuangga Kota Probolinggo ditempati shalat Idul Adha. Pada Shalat Idul Qurban tahun ini berlangsung, Minggu (11/8) pukul 06.20. Bertindak sebagai khotib, Profesor Dr. Ir Sasmito Djati, MS dari Malang. Sedang imam salat yakni, ustad Suyono dari Probolinggo.

Sementara pejabat yang menunaikan salat di stadion adalah. Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri. Dalam sambutannya, ketua panitia penyelenggara Salat Idul Adha di stadion Edi Mulyar Harto menyampaikan, rasa terima kasih kepada pemkot yang telah memberi fasilitas stadion untuk pelaksanakan salat Idul Adha 2019. Serta, semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan agenda tersebut.

Dalam kesempatan itu, Edi juga membacakan perolehan infak sedekah jariyah pada Idul Idul adha 1440 H. Disebutkan, dana yang terkumpul sebanyak Rp 11.256.000,00. (sebelas juta dua ratus lima puluh enam ribu rupiah).“Semoga amal bapak dan ibu sekalian diterima oleh Allah SWT serta mendapatkan ganti yang lebih berkah,” katanya.

Sementara itu, Wawali Subri dalam sambutannya mengatakan, Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang tepat untuk merefleksi kisah kisah nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail. “Semoga ibadah puasa sunah kita, kurban dan doa permohonan kita, serta amal ibadah lainnya diterima oleh Allah SWT,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, wawali mengajak umat Muhammadiyah ikut berkontribusi dalam membangun kota. selain itu, ia menghimbau untuk meningkatkan ukuwah islamiyah, toleransi antar umat beragama secara harmonis dan bermartabat. Serta memperbanyak amal ibadah ritual sosial lainnya. Utamanya berkurban. “Kegiatan agama salah satu ranah penting untuk membentuk SDM berkualitas,” harapnya.

Dalam ceramahnya Profesor. Dr. Ir Sasmito Djati, MS, mengajak seluruh umat muslim untuk bersyukur dapat menikmati dan merayakan hari- hari besar umat Islam. Dalam kesempatan itu, Sasmito juga menceritakan bagaimana Nabi Ibrahim berhadapan dengan orang tuanya yang  dekat dengan penyembah berhala. “Hari ini, berhala itu ada di benak dan pikiran kita. Berhala itu bukan bentuk fisik, melainkan pikiran kita sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, sehari sebelumnya, Sabtu (10/8) sore. Wali Kota Hadi Zainal Abidin menyerahkan hewan kurban di rumah dinas. Penyerahan simbolis tersebut didampingi Wawali HM Soufis Subri, Pj Sekda Achmad Sudiyanto dan disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan pemkot. Hewan kurban berupa 5 ekor sapi dan 16 ekor kambing diserahkan kepada organisasi masyarakat, pondok pesantren, masjid, musala dan panti asuhan.

Bantuan hewan kurban tersebut diperoleh dari keterlibatan seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Bersama seluruh staf yang dilomodir Bagian Kesra Setda Kota. Dalam kesempatan itu, Habib Hadi mengucapkan terima kasih ke kepala OPD dan jajarannya yang ikut berpartisipasi. “Kami serahkan hewan kurban ini ke masyarakat. Bukan ke pondok saya. Pondok saya Riyadlus Solihinm tidak boleh menerima hewan kurban dari pemkot. Pondok saya, ya urusan saya,” tegasnya

Pada kesempatan itu, Habib Hadi mengimbau ke seluruh penyelenggara penyembelihan hewan kurban agar peduli lingkungan. Caranya lanjut Hadi, daging kurban tidak boleh dibungkus dengan kantong. Tetapi menggunakan bahan yang mudah diurai seperti daun papaya. “Himbauan ini bentuk implementasi perwali,” pungkasnya.

Jika wawali shalat di stadion, tidak demikian dengan Wali Kota Habib Hadi. Ia melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al Mukaromah, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan. Orang nomor 1 dan 2 ini sengaja berpencar dan berkeliling ke tempat ibada yang berbeda, untuk meninkatkan sinergi pemkot dengan tokoh masyarakat. Dari silaturahmi tersebut, Hadi berharap mendapatkan nasihat dan masukan demi kemajuan kotanya.

Pewarta : Agus Salam
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Probolinggo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]probolinggotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]probolinggotimes.com | marketing[at]probolinggotimes.com
Top