keluarga dan pengantar JCH melambaikan tangannya saat JCH berangkat ke Surabaya (Agus Salam/Jatim TIMES)

keluarga dan pengantar JCH melambaikan tangannya saat JCH berangkat ke Surabaya (Agus Salam/Jatim TIMES)



Sebanyak 155 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Probolinggo, Senin (8/7) sekitar puklul 14.00 dilepas Wali Kota Probolinggo. Pelepasan JCH yang diangkut 4 bus menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya tersebut, bertempat di Pemkot atau kantor wali kota.

Rasa haru dan isak tangis mengiringi keberangkatan JCH kloter 9 tersebut. Sebelum melepas, Wali Kota hadi Zainal Abidin dalam sambutannya meminta, JCH untuuk menjaga nama baik Kota Probolinggo di tanah suci. Ia juga berharap JCH taat mengikuti saran, petunjuk dan aturan dari pemerintah.

JCH juga diminta untuk fokus menjalankan atau menunaikan sunnah dan kewajiban beribadah haji yang telah disyaratkan. Oleh wali kota, JCH juga tidak boleh memikirkan oleh-oleh yang akan dibawa, saat pulang. 

“Oleh-oleh jangan dipikir. Fokus beribadah saja. Jaga kesehatan. Kepada keluarga, jangan nuntut oleh-oleh,” pinta Hadi.

Usai melepas wali kota Hadi mengatakan, JCH yang berjumlah 155 seluruhnya berangkat. Tidak ada satupun yang tertunda keberangkatan baik karena alas an sakit atau yang lainnya. Termasuk JCH atas nama Aksan Bahwaei Ismail yang usianya 80 tahun, warga RT 5 RW 3, Keurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih, kota setempat.

Begitu juga JCH tertua kedua seorang perempuan atas nama Sulastri Biro Derin yang umurnya 78 tahun, warga Kelurahan Curahgrinting Kecamatan Kanigaran. Turut pula JCH ternuda atas nama Rivqo Saiful Islam usia 19 tahun warga Jalan Ikan Kakap RT 3 RW 4 Kelurahan Mayangan Kecamatan Mayangan. “Semuanya sehat. Kami pantau terus keseharannya hingga berangkat ke Sausi Arabia,” tandasnya.

Hadi mengaku, petugas Dinkes (Dinas Kesehatan) juga dikerahkan untuk mengikuti rombongan Surabaya. Mereka pulang, setelah JCH bertolak ke Arab Saudi yang rencananya Selasa malam besuk. Hal itu dilakukan, untuk memantau dan mengawasi kondisi fisik JCH.  "Itu kan kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat. Berangkat Selasa busk malam,” pungkasnya.

Berdasarjan data yang diperoleh dari kemenag setempat, jumlah JCH Kota Probolinggo, seluruhnya sebanyak 160 orang ditambah JCH mutasi masuk dari Kota atau kabupaten 3 orang, dari Provinsi 2 orang sehingga bertambah 165 JCH. Namun yang berangkat dari Kota Probolinggo 155 JCH. Disebutkan, JCH Kota yang mutasi ke luar daerah sebanyak 10 orang. Dengan demikian, yang berangkat dari Kota Probolinggo sebanyak 155 orang.


End of content

No more pages to load