Wali Kota  Probolinggo, Hadi Zainal Abidin (Pakai Baju Hijau ) saat bermain xoli dengan OPD di lapangan voli Pantai Permata (Agus Salam/Jatim TIMES)

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin (Pakai Baju Hijau ) saat bermain xoli dengan OPD di lapangan voli Pantai Permata (Agus Salam/Jatim TIMES)


Pewarta

Agus Salam

Editor

A Yahya


Mulai hari ini, Kota Probolinggo memiliki lapangan voli pantai. baru, Lapangan yang berlokasi ditengah-tengah hutan mangrove (Bakau) di Pantai Permata, kelurahan Pilang, Kecamatan Mayangan, Minggu (28/7) pukul 15.30, diresmikan.

Usai diresmikan, lapangan berpasir tersebut langsung digunakan main voli bersama, Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota M Soufis Subri serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bertindak sebagai wasit, pengurus Cabang Olag raga Voli, kota setempat.

Sebelum bermain bersama, walikota yang akrab disapa Habib Hadi tersebut, sebelumnya pernah melihat langsung pantai permata. Lantaran banyak hamparan pasir yang tidak dimanfaatkan, ia berkeinginan membuat atau membangun lapangan voli. “Nah, sekarang sudah terwujud. Tidak hanya voli yang kami kembangkan. Hamparan pantai seluas mata memandang ini, nanti kami manfaatkan,” tandasnya.

Bahkan, sirkuit balapan motor (Road Race) yang dirncanakan tahun depan sudah bisa ditempati latihan, rencananya akan dibangun di Pantai Permata. Tak hanya itu, Hadi juga merencanakan di sisi barat sungai, akan dibuat tempat wisata edukasi dan taman belajar. “Para pelahar nantinya bisa belajar apa saja di sana. Tempat ini juga akan dimanfaatkan lokasi perkemahan,” tambahnya.

Selain pengunjung bisa melihat keindahan pantai beserta tanamannya, berupa cemara udang, Bakau atau mangrove dan pohon api-api serta tanaman lau lau\innya, juga bisa melihat binatang. Menurutnya, binatang yang sudah ada diantaranya, burung, biawak dan monyet atau kera. “Disini juga akan kita bangun istana kunang0kunang. Ditimur lapangan voli ini, kalau malam banyak kunang-kunangnya,” ujar Hadi.

Saat disinggung, apakah sudah ada investor yang melirik pantai permata ? Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Solihin, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan ini, tidak tahu menahu soal investor. Yang penting, pihaknya akan memanfaatkan lahan tidur tersebut demi kemaslahatan dan ekonomi warganya. “Enggak penting itu. Kita bangun dulu. Perkara nanti ada investor, itu urusan lain,” ungkapnya.

Ditambahkan, mulai tahun depan pihaknya akan membangun sarana dan prasarana pantai permata. Seperti akses jalan dan jembatan menuju pantai, termasuk parkir kendaraan roda dua dan empat. “Kalau nanti sudah jadi, ekonomi masyarakat akan meningkat. Kami akan melibatkan masyarakat, termasuk pengelolaannya. Warga bisa berjualan di sini. Pokoknya lebih baik lah,” imbuhnya.

Terkait lapangan voli pantai, wali kota akan menggelar berbagai kejuaraan atau lomba voli. Baik lomba untuk pelajar ddan masyarakat umum atau club voli yang ada di kelurahan atau perusahaan. “Kami akan menggelar beberapa perlombaan voli. Misalnya antar pelajar SMP dan SMP sederajat. Ya, lokasi lombanya di sini,” pungkasnya.

Agus Salam

 


End of content

No more pages to load